@thesis{thesis, author={AZIZAH LISA NURUL}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) TERHADAP KETERAMPILAN BEPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik SMAN 10 Tasikmalaya)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10491/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik dan kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga peserta didik hanya berpacu pada satu titik pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Read, Answer, Disscus, Explanation and Create (RADEC) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Read, Answer, Disscus, Explanation and Create (RADEC) terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi gelombang mekanik di SMAN 10 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian control group design. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas 11 MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 11 MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan rincian masing-masing 34 peserta didik. Keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat di ukur dengan melakukan tes sebelum perlakuan (Pretest) dan tes setelah perlakuan (Postest) berbentuk esay yang berjumlah 8 soal pada materi gelombang mekanik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (} }