@thesis{thesis, author={ULPIAH SYIFA}, title ={PENGARUH PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X MIPA Tahun Ajaran 2022/2023)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10493/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam materi usaha dan energi serta kurangnya inovasi penggunaan pendekatan dalam pembelajaran Fisika. Berdasarkan tes awal diketahui persentase rata-rata keterampilan berpikir kritis Fisika siswa diperoleh nilai 30% dengan kategori sangat rendah. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diimplementasikan pendekatan SAVI di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaparna, sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 144 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Dalam Mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan pretest dan posttest berbentuk soal essai berjumlah 10 soal pada materi usaha dan energi. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N?Gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t) pada taraf signifikansi( ) diperoleh data yaitu 1,97 > 1,67 sehingga diterima. Serta hasil uji N-Gain kelas eksperimen diperoleh data 0,54 dalam kategori sedang. Artinya, terdapat pengaruh pendekatan SAVI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, serta adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diimplementasikan pendekatan SAVI. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, materi usaha dan energi, pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI)} }