@thesis{thesis, author={HIDAYAH FANIA AFRIANTI}, title ={EXPLORING STUDENTS’ EXPERIENCE OF PEER ASSESSMENT IN ORAL PRESENTATION: CHALLENGES AND OPPORTUNITIES}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10494/}, abstract={Penilaian sejawat dalam presentasi oral merupakan salah satu metode penilian presentasi dalam prosess kegiatan ngajar mengajar, penilaian ini dilakukan oleh siswa kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman siswa dalam penggunaan penilaian sejawat yang dilakukan di presentasi oral. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas yang ada di negara Indonesia. Tiga orang mahasiswa dilibatkan untuk menjadi partisipan penelitian. Penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur online melalui WhatsApp kepada semua partisipan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tematik. Hasil analisis mengungkapkan dua tema yang muncul yaitu tentang peluang yang bisa diambil oleh siswa diantaranya siswa mendapatkan ulasan balik, membantu siswa untuk memahami materi, siswa dapat belajar dengan jujur, siswa dapat belajar secara kolaboratif, dan membangun penilaian yang adil. Tema kedua yaitu tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam menggunakan peer assessment, diantaranya yaitu siswa merasa bingung dalam menilai temannya, siswa merasa takut dalam memberikan nilai kepada teman, dan juga penilaian sejawat dalam presentasi oral menuntut siswa terlibat secara aktif Salam pembelajaran dan penilaian. Kata Kunci: Penilaian sejawat, Oral presentasi, Tantangan penilaian sejawat, Manfaat penilaian sejawa} }