@thesis{thesis, author={Sumiati Kokom}, title ={MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP AL-QOLAM Kabupaten Ta}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/10518/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Facilitator and Explainig dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Al-Qolam tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Al-Qolam Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus I pertemuan pertama peserta didik yang sudah mencapai KKM dalam materi mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi sebanyak 11 orang (64%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 6 orang (36%). Sedangkan pada siklus I pertemuan kedua peserta didik yang telah mencapai KKM dalam materi menyimpulkan unsur?unsur pembangun dan makna teks puisi sebanyak 14 orang (82%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 3 orang (18%).pada siklus II pertemuan pertama dan kedua dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Berdasarkan Uji Normalitas nilai mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur?unsur pembangun dan makna teks puisi peserta didik pada siklus I dan II diketahui harga X2 dengan derajat kebebasan (db) 2, dalam huruf signifikansi 95% diperoleh 3,99. Harga chi kuadrat (X2 ) tabel tersebut jauh lebih kecil. Selanjutnya dalam uji Wilcoxon diketahui bahwa W hitung lebih kecil daripada W tabel dalam taraf signifikansi 0.01. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang dignifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Al-Qolam Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Dengan kata lain, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya. Kata Kunci: Teks Puisi, Student Facilitator and Explaining} }