@thesis{thesis, author={Yestina Ratna}, title ={META-ANALISIS: PROJECT-BASED LEARNING DAN HARD SKILLS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA}, year={2024}, url={http://repositori.unsil.ac.id/12462/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan, mengevaluasi, dan mengintegrasikan ukuran efek (effect size) penggunaan model project-based learning (PjBL) terhadap hard skills dalam pembelajaran matematika secara keseluruhan, termasuk pada berbagai jenjang pendidikan dan dengan mempertimbangkan penggunaan media pembelajaran. Metode penelitian yang dilakukan adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 126 artikel yang memuat 144 subsampel data yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi melaui penelusuran artikel open acces terindeks SINTA atau scopus melalui DOAJ, Google Scholar, Crossreff dan Publish n Perish 8. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian meta-analisis ini adalah lembar pengkodingan. Analisis data dilakukan berbantu perangkat lunak JASP versi 0.18.1.0 yang rilis pada 29 September 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan model PjBL terhadap hard skills dalam pembelajaran matematika memiliki summary effect size sebesar 1.061 kategori besar. Kemudian effect size model PjBL terhadap hard skills dalam pembelajaran matematika juga memiliki effect size kategori besar pada semua jenjang pendidikan. Terdapat perbedaan ukuran efek secara signifikan pada jenjang pendidikan, jenjang pendidikan yang lebih tinggi effect size nya yaitu jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar. Selanjutnya model PjBL memiliki effect size kategori besar baik diterapkan dengan penggunaan media yaitu media digital dan media manual maupun tanpa penggunaan media pembelajaran. Kata kunci: Meta-analisis, Project Based Learning, Hard Skill dalam pembelajaran matematika.} }