@thesis{thesis, author={APRIANSYAH RISEP}, title ={SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TELUR AYAM RAS}, year={2019}, url={http://repositori.unsil.ac.id/937/}, abstract={Pemasaran telur ayam ras adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendistribusikan telur dari produsen sampai ke konsumen. Penelitian pemasaran telur ayam ras ini dilaksanakan di Daffa Farm Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis sampai ke pedagang pengecer. Metode penelitian menggunakan survey, waktu penelitian dari bulan April sampai Agustus 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, fungsi pemasaran, farmer?s share dan efisiensi pemasaran telur ayam ras. Lokasi penelitian ditentukan dengan sengaja (purposive), teknik penentuan sampel menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran yaitu : 1). Produsen ? konsumen. 2). Produsen ? pedagang pengecer ? konsumen. 3). Produsen ? pedagang pengumpul ? pedagang pengecer ? kosumen. 4). Produsen ? pedagang pengumpul ? pedagang besar ? pedagang pengecer ? konsumen. Terdapat tiga fungi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi penyediaan sarana. Bagian harga yang diterima peternak pada saluran pemasaran pertama sebesar 100 persen, saluran kedua 81,63 persen, saluran ketiga 82,61 persen, dan saluran pemasaran ketiga sebesar 81,30 persen. Bagian harga yang diterima peternak pada saluran pertama lebih besar dengan nilai efisiensi 0 persen. Hasil penelitian menunjukkan pula bahwa nilai efisiensi saluran pemasaran pertama lebih efisien. Kata kunci : Telur Ayam Ras, Pemasaran, Farmer?s Share, Efisiensi.} }