@thesis{thesis, author={KOMALASARI KOMALASARI}, title ={PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9491/}, abstract={ABSTRAK Komalasari. 2023. PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKPD BERBASIS PROBELM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Singaparna diketahui bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik kurang bersemangat sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Peserta didik yang kurang aktif cenderung sulit memahami pelajaran fisika sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran dan adanya bahan ajar pendukung yaitu berupa LKPD yang berbasis model. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan unutk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E berbantuan LKPD berbasis problem solving terhadap hasil belajar peserta didik pada materi termodinamika. Hasil belajar yang diteliti adalah pada hasil belajar pengetahuan, sikap yaitu kerjasama, responsif, serta percaya diri, dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan hasil sampling yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t dan uji Mann-Whitney pada hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa} }