@thesis{thesis, author={KURNIA OPI}, title ={ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAVID KOLB}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9554/}, abstract={ABSTRAK Opi Kurnia. 2023. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAVID KOLB Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan Newman yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal kemampuan spasial materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX F SMPN 2 PARIGI. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan spasial, angket gaya belajar David Kolb dan pedoman wawancara. Pemilihan subjek didasarkan pada peserta didik yang mengerjakan seluruh soal kemampuan spasial dan melakukan kesalahan Newman untuk setiap tipe gaya belajar David Kolb, serta dapat berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 1 subjek yang memiliki gaya belajar diverger yaitu subjek S-9 yang mengalami kesalahan dimulai dari compherension errors; 2 subjek yang memiliki gaya belajar assimilator yaitu subjek S-18 yang mengalami kesalahan encoding errors dan S-19 yang mengalami kesalahan dimulai dari process skill errors. 1 subjek yang memiliki gaya belajar converger yaitu subjek S-4 yang mengalami kesalahan dimulai dari process skill errors; serta 3 subjek yang memiliki gaya belajar accommodator yaitu subjek S-12 yang mengalami encoding errors, S-15 yang mengalami kesalahan dimulai dari process skill errors, S-16 yang mengalami kesalahan dimulai dari compherension errors. Kata kunci: Analisis Newman, Kemampuan Spasial, Gaya Belajar David Kolb..} }