@thesis{thesis, author={OKTAVIANI DINA}, title ={PENGARUH GAYA MENGAJAR INTERAKSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN (Studi Ekperimen di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023)}, year={2022}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9646/}, abstract={ABSTRAK Dina Oktaviani, 2023. Pengaruh Gaya Mengajar Interaksional Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Sistem Pernapasan (Studi Eksperimen Di Kelas Xi Mipa SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Gaya mengajar interaksional merupakan gaya mengajar guru dalam berinteraksi dengan peserta didik untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar interaksional terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain penelitian yaitu nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Singaparna sebanyak 4 kelas yang berjumlah 215 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 2sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 60 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah untuk mengukur hasil belajar peserta didik yang mengacu pada indikator taksonomi bloom dari indikator mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran biologi pada materi sstem pernapasan ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan gaya mengajar interaksional terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.} }