@thesis{thesis, author={KARSIM KARSIM}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9678/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media flipbook berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dan mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik setelah menggunakan media yang dikembangkan pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang menggunakan model pengembangan 4D (Define-Design-Develop-Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru matematika, 6 orang peserta didik yang diambil dari masing-masing kelas VIII di luar kelas VIII-E, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 32 orang peserta didik kelas VIII-E SMPN 3 Banjar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, pada tahap Define peneliti menentukan dan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan di dalam proses pembelajaran serta mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan materi dan media yang akan dikembangkan. Pada tahap Design, peneliti membuat flowchart dan storyboard, merancang instrumen tes kemampuan komunikasi matematis, menyusun lembar validasi ahli materi dan ahli media dan membuat angket respon pengguna baik guru maupun peserta didik. Pada tahap Develop, peneliti menghasilkan produk yang telah dirancang, melakukan uji ahli kepada ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi berada pada kategori ?sangat layak digunakan? serta melakukan ujicoba produk kepada 3 orang guru matematika dan 6 orang peserta didik di luar kelas VIII-E dan memperoleh respon positif dengan kategori ?sangat baik?. Pada tahap Disseminate, media pembelajaran flipbook berbasis RME diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 32 orang peserta didik kelas VIII-E dan respon pengguna terhadap media pembelajaran flipbook berbasis RME positif dengan kategori ?sangat baik?. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematis, sebanyak 75% peserta didik memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis pada kategori tinggi dan sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa 75% peserta didik mencapai ketuntasan dengan memperoleh nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75 pada kemampuan komunikasi matematis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis RME layak digunakan dan efektif pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Media Flipbook, RM} }