@thesis{thesis, author={Sulistiawati Dewi}, title ={PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION }, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9690/}, abstract={Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Walaupun demikian, pada kenyataanya peserta didik kelas VII SMPN 2 Ciledug Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023 belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Ciledug Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran KD 3.2, terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang (43,75%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 18 orang (56,25%). Pada pembelajaran KD 4.2, terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 13 orang (40,62%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 19 orang (59,37%). Pada siklus kedua hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, berdasarkan hasil perbandingan dengan menggunakan Uji Wilcoxon, baik kompetensi pengetahuan maupun keterampilan, di peroleh hasil W (hitung) (0) < W (tabel) (126,28). Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Ciledug Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023} }