@thesis{thesis, author={MUTHMAINNAH KHOIRUNI}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGATION BASED MULTIPLE REPRESENTATION (IBMR) BERBANTUAN CROCODILE PHYSICS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas }, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9751/}, abstract={Khoiruni Muthmainnah. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGATION BASED MULTIPLE REPRESENTATION (IBMR) BERBANTUAN CROCODILE PHYSICS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pelajaran Fisika karena sulitnya menentukan rumus yang tepat dan kurangnya kebaruan model pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu diperlukan sebuah model pembelajaran Investigation Based Multiple Representation (IBMR) berbantuan Crocodile Physics terhadap kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Investigation Based Multiple Representation (IBMR) berbantuan Crocodile Physics terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum, impuls, dan tumbukan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 8 kelas. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster random sampling yang diambil secara acak dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Tes kemampuan pemecahan masalah dilakukan melalui pretest dan posttest berbentuk essay. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa} }