@thesis{thesis, author={RAKHMA ANA DWI}, title ={THE ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S CODE-SWITCHING IN EFL CLASSROOM (A Case Study of an English Teacher in SMA Negeri 5 Tasikmalaya)}, year={2014}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9756/}, abstract={ANA DWI RAKHMA. 2014. The Analysis of English Teacher?s Code-switching in EFL Classroom. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Penelitian ini, yang berjudul The Analysis of English Teacher?s Code-switching in EFL Classroom, berfokus pada penemuan dan penglasifikasian tipe-tipe alih kode yang digunakan guru bahasa Inggris saat mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diambil dari rekaman tuturan yang terjadi di kelas ketika guru mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat lima tipe alih kode yang dilakukan oleh guru, yaitu tag switching, inter-sentential switching, intra?sentential switching, situational switching dan metaphorical switching. Alih kode berkaitan dengan penanda identitas, indentitas guru sebagai komunitas Indonesia dapat dilihat dari tuturan saat mengajar dan sebagai komunitas Sunda dapat diketahui dari aksen ketika guru bertutur. Penggunaan alih kode oleh guru di kelas dapat membantu guru dalam menyampaikan beberapa penjelasan dan instruksi kepada para siswa.} }