@thesis{thesis, author={MARDIANSYAH DIAN}, title ={THE ANALYSIS OF STUDENTS’ RESPONSES ON ‘NATIONAL TREASURE’ FILM BY MARIANNE WIBBERLEY (A Case Study at the Fourth Grade Students of English Department Siliwangi University Tasikmalaya)}, year={2014}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9759/}, abstract={DIAN MARDIANSYAH. 2014. The Analysis of Students? Responses on ?National Treasure? Film by Marianne Wibberley? (A Case Study at the Fourth Grade Students of English Department Siliwangi University Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian untuk mengetahui respon mahasiswa Tingkat IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap film ?National Treasure? karya Marianne Wibberley. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian respon mahasiswa pada film ?National Treasure? diperoleh melalui kuesioner. Sumber data penelitian yaitu 4 orang mahasiswa Tingkat IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merespon film ?National Treasure?, para responden menggunakan strategi engaging, describing, conceiving, explaining, connecting, interpreting dan judging. dalam engaging, para responden merespon film dengan menunjukkan reaksi emosi atau tingkat keterlibatan mereka terhadap cerita. Dalam describing, para responden merespon film dengan menyatakan kembali informasi yang didapat dari cerita. Dalam conceiving, para responden merespon film dengan menjelaskan bagaimana cara mereka mendapatkan pesan moral dari film. Dalam explaining, para redponden merespon film dengan menjelaskan karakterisasi para tokoh dalam cerita berdasarkan pemahaman mereka. Dalam connecting, para responden merespon film dengan menghubungkan pengalaman atau pengetahuan mereka dengan cerita. Dalam interpreting, para responden merespon film dengan menggunakan deskripsi, ide, dan hubungan yang mereka buat untuk menjelaskan pesan moral yang terdapat dalam cerita. Dalam judging, para responden merespon film dengan cara menilai kualitas film secara keseluruhan. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan, strategi respon yang paling banyak digunakan oleh responden adalah describing dan interpreting. Hal ini menunjukkan bahwa responden memaknai film sebagai gambaran kehidupan untuk diambil pesan moral yang terkandung didalamnya untuk dijadikan pelajaran dalam kehidupan nyata berdasarkan reaksi, deskripsi, konsepsi dan hubungan yang masing-masing respondent bentuk dalam menginterpretasikannya} }