@thesis{thesis, author={Rahmawati Deva}, title ={Pengaruh Customer Review Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada pengguna E-commerce Shopee di Tasikmalaya)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9772/}, abstract={Deva Rahmawati. 2023. Pengaruh Customer Review Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada pengguna E-commerce di Tasikmalaya) Di era society 5.0 banyak perusahaan yang berpindah menggunakan e?commerce salah satunya e-commerce shopee. Pada e-commerce shopee calon konsumen tidak bisa melihat produk secara langsung sehingga memungkinkan terjadinya ketidaksesuaian antara produk yang ditawarkan dengan produk yang diterima. Maka dari itu, informasi mengenai produk sangat penting sebelum melakukan pembelian di e-commerce shopee, informasi produk dapat berupa customer review. Melihat customer review menjadi hal yang penting bagi konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian. Selain itu, faktor yang mempengaruhi minat pembelian di shopee yaitu adanya sales promotion berupa gratis ongkir atau diskon. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah customer review, sales promotion, minat beli dan keputusan pembelian memiliki keketerkaitan antara satu sama lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna shopee di Kab/Kota Tasikmalaya dengan sampel 100 orang. Analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu inner model dan outer model Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil uji R?Square pertama variabel customer review dan sales promotion memiliki pengaruh terhadap minat beli sebesar 48%. R Square kedua variabel customer review dan sales promotion memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 39%. Untuk setiap hipotesis yang melalui variabel intervening dinyatakan diterima karena memiliki nilai t statistik > 1.96 dan nilai p value < 0.10, akan tetapi terdapat satu hipotesis yang tidak melalui variabel intervening dinyatakan ditolak karena memiliki nilai t statistik 1.311 < 1.96 dan nilai p value > 0.10. Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat beli (Z) mampu memediasi variabel customer review (X1) dan sales promotion (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) maka hipotesis diterima. Kata Kunci : Customer Review, Sales Promotion, Minat Beli, Keputusan Pembelian} }