@thesis{thesis, author={LYAJANNAH GABRIELLA BERNADINE CAKRA}, title ={ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9778/}, abstract={GABRIELLA BERNADINE CAKRA LYAJANNAH. 2023. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik serta penyebab siswa mengalami miskonsepsi pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cisarua kelas X-G yang berjumlah 32 peserta didik. Subjek penelitian ini diambil secara purposive yaitu 4 siswa kelas X-G SMA Negeri 1 Cisarua. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes analisis miskonsepsi yang disertai Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) S12 melakukan miskonsepsi klasifikasi, korelasional, dan teoritikal, S15 melakukan miskonsepsi klasifikasional, korelasional dan teoritikal, S25 melakukan miskonsepsi korelasional, S32 melakukan miskonsepsi teoritikal dan klasifikasional. (2) Penyebab miskonsepsi yang terjadi yaitu prakonsepsi, pemikiran asosiatif peserta didik, penalaran/ reasoning yang tidak lengkap/salah, intuisi yang salah, kemampuan peserta didik, dan minat belajar peserta didik. Kata kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel} }