@thesis{thesis, author={ROSA INTANNIA MULYA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF�CONFIDENCE PESERTA DIDIK PADA MATERI TEORI KINETIK GAS}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9796/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi teori kinetik gas dan rendahnya tingkat percaya diri peserta didik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap hasil belajar dan self-confidence peserta didik pada materi teori kinetik gas. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindangbarang sebanyak 4 kelas dengan jumlah 129 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur tingkat hasil belajar peserta didik menggunakan instrumen soal berbentuk esai sejumlah 10 soal dengan memuat ranah kognitif C1, C2, C3, C4, dan mengukur tingkat self?confidence peserta didik menggunakan angket berskala likert yang memuat 4 indikator. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat yaitu uji normalitas multivariat dan uji homogenitas multivariat, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil uji hipotesis diperoleh} }