@thesis{thesis, author={NURIYAH AI}, title ={PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9825/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi pada materi bioteknologi di kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Taraju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIPA sebanyak 127 peserta didik. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 64 peserta didik. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes dan non tes. Tes berupa soal uraian sebanyak 16 butir soal untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. Non tes berupa angket keterampilan kolaborasi sebanyak 24 butir pernyataan untuk mengukur keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji ANOVA dengan perolehan nilai signifikasi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,00. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi bioteknologi di kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Taraju semester genap tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Project Based Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Keterampilan Kolaborasi.} }