@thesis{thesis, author={APRILIA IDA AYU}, title ={ANALISISKEMAMPUAN BERPIKIRREFLEKTIFPESERTADIDIK DITINJAU DARIEMOTIONALSPIRITUALQUOTIENT(ESQ)}, year={2022}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9845/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif peserta didik ditinjau dari ESQ. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan think aloud methods dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 5 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu penyebaran angket ESQ, pemberian tes kemampuan berpikir reflektif, dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri dari dari peneliti, angket ESQ, tes kemampuan berpikir reflektif, dan wawancara. Penentuan subjek penelitian berdasarkan teknik purposive yaitu peserta didik dipilih berdasarkan peserta didik yang memiliki ESQ tinggi dan ESQ rendah, yang masing-masing memenuhi minimal satu indikator berpikir reflektif. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-3 memiliki ciri-ciri mudah menyukai aktivitas berhitung, terstruktur, tekun, dan menggunakan banyak waktu untuk merespon dan merenungkan akurasi jawaban. (2) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-5 memiliki ciri-ciri mampu menentukan sendiri tujuan belajar dan berkonsentrasi pada informasi yang relevan. (3) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-17 memiliki ciri-ciri dapat menyelesaikan masalah sesuai perencanaan tetapi kurang menggunakan pemikiran yang logis dalam menyelesaikan masalah. (4) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-23 memiliki ciri-ciri peserta didik yang mengutamakan pengertian pribadi dan cenderung menyelesaikan masalah dengan logika. (5) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ rendah S-27 memiliki ciri-ciri cenderung mudah menyerah dan tergesa-gesa. Kata Kunci: Analisis, ESQ, Kemampuan Berpikir Reflektif} }