@thesis{thesis, author={Firlianto Edo}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN SUSUN KATA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 CIAMIS}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9903/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan susun kata pada pembelajaran sejarah dan pengaruh terhadap minat belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi-Experimental dengan pre-test-post-test with non-Equivalent Control-Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Ciamis. Teknik sampling menggunakan sampling purposive dengan alasan terdapat permasalahan minat belajar sehingga diperoleh sampel kelas XI IPS 1 berjumlah 26 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 cara yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diuji dalam uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini terlihat pada temuan di lapangan yang menunjukan adanya peningkatan mminnat belaar peserta didik ditinjau dari indikator minat belajar seperti perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan dan perhatian siiswa. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa juga terlihat melalui hasi uji independent sampel T test dengan menggunakan alikasi SPSS versi 26 yang menunjukan nilai Asym.Sig 0.00 kurang dari 0,005 (0,00<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pmebelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media permainan susun kata terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Ciamis. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament, Minat Belajar} }