@thesis{thesis, author={MULYANINGSIH SRI}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9913/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi berdasarkan resiliensi matematis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket resiliensi matematis, tes, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Tasikmalaya berdasarkan ciri-ciri resiliensi matematis dari hasil angket yaitu peserta didik dengan kategori resiliensi tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan metakognisi S-08 dengan resiliensi matematis tinggi telah memenuhi indikator perencanaan, pemantauan, dan penilaian. (2) Kemampuan metakognisi S-26 dengan resiliensi matematis sedang hanya memenuhi indikator perencanaan dan pemantauan, pada indikator penilaian S-26 mampu menuliskan jawaban akhir namun tidak mampu menuliskan kesimpulan dan tidak yakin dengan jawaban akhir yang diperolehnya. (3) Kemampuan metakognisi S-31 dengan resiliensi matematis rendah pada indikator perencanaan mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, namun S-31 tidak menyelesaikan soal sampai menemukan jawaban akhirnya sehingga tidak mampu memenuhi indikator pemantauan dan penilaian. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Metakognisi, Resiliensi Matematis} }