@thesis{thesis, author={SUKMA LINDA NUR}, title ={PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA TAHUN 1922 - 1946}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9936/}, abstract={LINDA NUR SUKMA. 2023. PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA TAHUN 1922-1946. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penyelenggaraan pendidikan Budi Pekerti Perguruan Tamansiswa Yogyakarta sejak tahun 1922 sampai tahun 1946. Latar belakang penelitian ini adalah karena Perguruan Tamansiswa merupakan salah satu bentuk perjuangan meraih kemerdekaan melalui bidang pendidikan serta melewati tiga periode zaman yang berbeda. Pendidikan di Tamansiswa terlebih dahulu menekankan pada Pendidikan Budi pekerti di semua aspek pengajaran yang bertujuan membentuk watak sebelum pada intelektualitas. Urgensi dari pendidikan budi pekerti sangat dirasakan di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah terdiri dari (1) pemilihan topik, (2) heuristik, (3) kritik, (4) interpretasi, dan (5) historiografi. Teknik pengambilan data menggunakan studi pustaka yang melalui observasi. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan budi pekerti perguruan Tamansiswa berfokus pada kodrat alam dan kemerdekaan bagi setiap anak yang dalam proses pendidikannya didampingi oleh seorang pamong untuk mengarahkan terciptanya cita, rasa, dan karsa anak yang luhur dan baik sehingga bisa mengantarkan anak pada kehidupan yang selamat dan bahagia. Proses penyelenggaraan pendidikan budi pekerti dilaksanakan dengan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan anak secara lahir dan batin. Terdapat pengaruh dari perdidikan budi pekerti terhadap individu hasil dari pendidikan di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Kata kunci: Tamansiswa, Pendidikan, Budi Pekerti.} }