@thesis{thesis, author={Faidah Siska}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Konsep Ilmu Ekonomi kelas X SMA Islam Yappas Al-Barokah Ajaran 2022/2023)}, year={2023}, url={http://repositori.unsil.ac.id/9964/}, abstract={Latar belakang penelitian ini terjadi dikarenakan masih banyaknya hasil belajar peserta didik SMA ISLAM YAPPAS AL-BAROKAH yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan terkhusus pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi dari penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajran ekonomi di SMA ISLAM YAPPAS AL-BAROKAH tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Non?equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pesertadidik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dilihat dari nilai rata- rata post-test kelas eksperimen sebesar 86.24 dan nilai N?Gain sebesar 0.66.berdasarkan perhitungan SPSS V.25. nilai Sig.2-tailed adalah 0.000 < 0.05. Keefektifan model pembelajaran Group Investigation dari perhitungan effect-size diperoleh 0.852 atau 85.2% masuk kategori tinggi. Kata Kunci : Group investigation, Hasil Belajar} }