@thesis{thesis, author={Muliandi }, title ={Probabilitas Pemilihan Moda Transportasi dengan Model Logit dan Probit Binomial dan Menggunakan Software Biogeme 2.0 (Studi Kasus : Rute Medan – Kotapinang)}, year={2018}, url={}, abstract={Pembangunan sarana transportasi saat ini terus dikembangkan terutama pada sektor perkerataapian khususnya pada wilayah Sumatera Utara, sebagaimana Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 873 Tahun 2017 Tentang Reviu Rencana Strategis Kementerian Perhubungan Tahun 2015 ? 2019. Salah satu sektor pembangunan jalur kereta api yang ada di Sumatera, khususnya Sumatera Utara adalah pembangunan jalur kereta api dari Rantauprapat menuju Kotapinang sehingga dengan tersambungnya jalur rel ini akan menyebabkan semakin banyaknya pilihan moda transportasi khususnya yang melayani pergerakan dari Kota Medan menuju Kotapinang. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan bentuk pemilihan moda terhadap pergerakan yang melayani rute Medan ? Kotapinang dengan menerapkan model logit binomial dan probit binomial dengan menggunakan software BIOGEME 2.0. Kedua model ini digunakan hanya untuk pilihan 2 moda transportasi alternatif, yakni bus dan kereta api dengan menggunakan atribut biaya perjalanan (cost) dan waktu tempuh (time). Dari kedua model yng diestimasi dengan software BIOGEME 2.0 ini dapat diketahui probabilitas pemilihan moda transportasi antara bus dan kereta api. Dari hasil analisis dengan Software BIOGEME 2.0 diperoleh persamaan fungsi utilitas untuk moda kereta api: UKA = 0.0578 + 0.510 ? COSTKA + 0.204 ? TIMEKA dan bus : UBUS = 0.510 ? COSTBUS + 0.204 ? TIMEBUS. Hasil yang diperoleh dari analisa adalah probabilitas untuk memilih Kereta Api akan semakin kecil apabila nilai utilitasnya kecil ataupun terdapat bentuk selisih perbedaan biaya (cost) yang semakin besar dan probabilitas memilih Kereta Api akan lebih besar dari probabilitas memilih Bus karena nilai selisih waktu perjalanan (time) yang semakin kecil.} }