@thesis{thesis, author={Chaidir Rinta R.}, title ={Ramp Activity Handling PT. Gapura Angkasa dengan Pendekatan Lean Six Sigma di Bandar Udara Internasional Kualanamu Kelas I, Deli Serdang}, year={2018}, url={}, abstract={Industri yang ada bandar udara di dalamnya sangatlah dinamis, dimulai dari tingkat pelayan dan kualitas yang sesuikan dengan permintaan penumpang, aircraft sevice untuk maskapai, maupun pengguna jasa bandar udara. Keberagaman kegiatan managemen operasi bandar udara yang dikombinasikan dengan pengaruh budaya dan lingkungan dimana lokasi bandar udara itu berada. Hal tersebut mengakibatkan kepemilikan dan struktur organisasi yang kompleks. Efisiensi sangatlah perlu diperhatikan dikarenakan banyak level dan keberagaman. Sebagai contoh, ada bandar udara memberikan ground handling service yang diharuskan kepada maskapai, dan menerima keuntungan dari seluruh operasi pengelolahan masakapai. Ada juga bandar udara yang harus menyediakan ground handling service dari pihak maskapai sendiri atau pihak swasta lain. Dinamika yang terjadi di bandar udara berpotensi dapat mengakibatkan kejenuhan waktu operasi ramp activity handling. Hal itu dikarenakan Ramp activity handling adalah muara dari seluruh ground handling services. Kejenuhan waktu operasi dapat mempengaruhi pelayanan terhadap konsumen dan waktu kedatangan/ keberangkatan pesawat di bandar udara (Slot Time Airport) yang sudah terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalkan ground time maskapai untuk dengan jenis narror body aircraft di bandar udara. Metode penyelesaian masalah dilakukan dengan pendekatan lean six-sigma (DMAIC). Analisis penyebab masalah dilakukan untuk menemukan rekomendasi perbaikan kualitas dengan menggunakan konsep Kaizen yaitu analisis dengan menggunakan Five M Checklist dan penetapan saran Five Step Plan terhadap perbaikan dari lima faktor penyebab masalah yaitu man (manusia), methods (metode), machine (mesin/ peralatan), material (yakni: dokumen dan Informasi), dan environment (lingkungan kerja).} }