@thesis{thesis, author={Edbert }, title ={Penentuan Ukuran Lot Ekonomis Gabungan Antara Pabrikan dan Distributor dalam Sistem Backorder di PT. XYZ}, year={2018}, url={}, abstract={Persaingan yang sekarang terjadi bukan hanya terjadi antar pelaku bisnis, tetapi telah lebih kompleks yaitu antar rantai pasok. PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teh siap minum, dengan produk unggulannya teh XYZ kemasan beling 220 mL. PT XYZ mempunyai distributor yang dikelola oleh pihak perusahaan sendiri. Masalah yang dihadapi adalah sering terjadinya stockout maupun overstock karena terjadinya perubahan purchased order. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka perlu diterapkan metode Joint Economic Lot Size. Metode Joint Economic Lot Size merupakan metode untuk mendapatkan jumlah lot pengiriman yang meminimalkan biaya total antara pabrikan dan distributor dengan saling berbagi informasi antar tingkatan pada rantai pasok. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan jumlah lot yang harus dikirim adalah 33.753 krat dengan frekuensi pengiriman adalah 36 kali, yang menghasilkan biaya total Rp 9.957.849.454. Pada Analisis Data, dibandingkan biaya total sebelum dan sesudah penerapan Metode Joint Economic Lot Size yang menghasilkan pengurangan biaya sebesar Rp 146.694.191.} }