@thesis{thesis, author={Adhinata Kevin}, title ={Desain Model Pengembangan Produk Coklat Berbasis Trend Media Sosial dengan Pendekatan Kansei Engineering}, year={2018}, url={}, abstract={Coklat merupakan salah satu jenis produk makanan yang sangat diminati oleh masyarakat, terutama masyarakat modern saat ini yang sering aktif di media sosial. Masyarakat dapat mengungkapkan emosi dan perasaannya secara alami dan bebas melalui komentar terhadap post tentang produk coklat di media sosial. Setiap komentar tersebut merupakan wujud dari trend media sosial yang dapat diterjemahkan ke dalam elemen-elemen desain produk coklat yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini menerapkan Kansei Engineering (KE) untuk menemukan hubungan antara emosi dan perasaan konsumen dalam bentuk kata-kata Kansei dengan elemen desain produk coklat. Kata-kata Kansei diperoleh dari komentar di media sosial melalui proses akuisisi data, identifikasi kata-kata Kansei, dan Key Element Extraction (KEE). Setiap elemen desain diklasifikasi berdasarkan kata Kansei dengan menggunakan algoritma J48 atau decision tree yang menghasilkan 4 alternatif desain produk. Keempat desain tersebut dievaluasi dengan di-post kembali di media sosial untuk memperoleh komentar mengenai produk tersebut. Kata Kansei dari komentar tersebut kemudian digabungkan dengan kata Kansei dari J48 sebagai input untuk pembuatan rules dengan menggunakan Association Rules sehingga diperoleh 20 rules dan 2 alternatif desain produk akhir. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk pengembangan produk bagi produsen coklat.} }