@thesis{thesis, author={Putri Asti Karina Aprilia}, title ={Pengaruh Kampanye Komunikasi Lingkungan “River Clean Up” 4Ocean Terhadap Kesadaran Masyarakat Bali Untuk Tidak Membuang Sampah di Sungai}, year={2019}, url={http://repository.bakrie.ac.id/2245/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kampanye komunikasi lingkungan ?River Clean Up? oleh 4Ocean Bali terhadap kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai. Terdapat dua variabel di dalam penelitian ini, yaitu variabel X kampanye komunikasi lingkungan ?River Clean Up? dengan dimensi: media, informasi, pendidikan, dan mobilisasi sosial; dan variabel Y kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai dengan dimensi: pengetahuan, sikap, dan tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei yang disebar kepada 135 responden, yaitu warga RT 4 Lingkungan Terusan yang tinggal di pinggiran sungai Ijo Gading Jembrana Bali. Berdasarkan hasil penelitian, variabel kampanye komunikasi lingkungan ?River Clean Up? memiliki kontribusi yang signifikan yaitu mempengaruhi kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai sebanyak 64,3%. Sisanya, sebanyak 35,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar dari penelitian ini. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kampanye komunikasi lingkungan ?River Clean Up? berpengaruh positif terhadap kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai.} }