@thesis{thesis, author={Wahyuni Mutiara}, title ={ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA TAICHAN GORENG TEBET}, year={2019}, url={http://repository.bakrie.ac.id/2352/}, abstract={Antrian merupakan suatu fenomena yang hampir dihadapi seluruh orang, barang, atau komponen yang harus menunggu hingga memperoleh suatu pelayanan. Antrian juga sering terjadi di beberapa supermarket, stasiun hingga restoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem antrian yang diterapkan sudah efisien dengan membandingkan hasil pengamatan. Metode penelitian adalah metode deskriptif dimana penulis menggambarkan kondisi perusahaan sesuai dengan hasil pengamatan dan wawancara terhadap pihak Sate Taichan Goreng Tebet. Berdasarkan data penelitian dilakukan uji kesesuaian tingkat kedatangan Poisson dan tingkat pelayanan eksponensial. Struktur antrian yang terjadi adalah Single Channel- Single Phase. Disiplin antrian yang diterapkan adalah First Come First Served. Jumlah kedatangan pelanggan dalam sistem adalah tidak terbatas (infinite). Notasi yang berlaku dalam model antrian layanan adalah (M/M/1):(FIFO/~/~). Rata-rata tingkat kesibukan pelayanan pukul 11:00 ? 23:00 WIB sebesar 98% menunjukkan sudah optimal bila merujuk menurut Russel dan Taylor dalam Nur Fitria Utami (2014) yaitu penggunaan mesin yang optimal adalah 80% sampai 100%. Namun menurut penelitian Taha (2011) jumlah antrian yang panjang dapat memungkinkan perilaku renege dan balk pada pelanggan. Oleh karena itu, penulis memberikan saran untuk melakukan penambahan kapasitas pelayanan pada Taichan Goreng Tebet.} }