@thesis{thesis, author={Andri Andri and M. IQBAL ZULFIKAR MALIK}, title ={IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SISTEM PENJUALAN ONLINE TOKO SELIVING FURNITURE BERBASIS WEB RESPONSIVE}, year={2019}, url={http://repository.binadarma.ac.id/930/}, abstract={Perkembangan teknologi informasi saat ini memudahkan pekerjaan manusia sebagai media untuk menjalankan suatu usaha maupun bisnis. Seliving furniture adalah sebuah toko yang melayani berbagai macam kebutuhan yang diperlukan masyarakat perumahan maupun perkantoran serta instansi lembaga-lembaga yang ada di Palembang. Perusahaan di bidang furniture ini masih menerapkan penjualan secara manual. Dengan ketatnya persaingan bisnis saat ini maka perlu dibuat sistem penjualan online pada Toko Seliving furniture ini dengan menerapkan metode Customer Relationship Managament (CRM) yang bermaksud untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan keinginan pelanggan supaya terjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan menerapkan Customer Relationship Managament (CRM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang di butuhkan konsumen supaya tetap loyal untuk membeli produk yang ada pada toko Seliving furniture. Sedangkan dalam pembuatan sistem ini berbasis web responsive dengan bahasa pemrograman PHP dan MYSQL sebagai database.} }