@thesis{thesis, author={ACHMAD SUSANTO and Alex Wijaya and Leon Andretti Abdillah}, title ={PENERAPAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA SISTEM PEMBAYARAN ELEKTRONIK SMK BAKTI IBU 3 PALEMBANG}, year={2020}, url={http://repository.binadarma.ac.id/970/}, abstract={SMK Bakti Ibu 3 merupakan salah satu sekolah yang lagi berkembang di wilayah kota palembang, sebagai sebuah Institusi pendidikan yang sedang berkembang SMK Bakti Ibu 3 terkomputerisasi pihak sekolah maupun pihak orangtua/wali sulit memantau kedisiplinan siswa membayar biaya pendidikan tepat waktu dengan uang yang telah diberikan oleh orangtua/wali. Sistem pembayaran SPP sekolah yang berjalan pada SMK Bakti Ibu 3 yaitu siswa membayar SPP dengan langsung ke TU bagian administrasi membawa kertas SPP yang akan diberikan stample dan tanda tangan bukti pembayaran, selain uang SPP terdapat juga pembayaran uang pendidikan lainnya seprti membeli buku dan lain-lain nya pada TU bagian administrasi. Siswa membayar uang SPP pada tanggal 1 dan batas pembayaran yaitu tanggal 10 tiap bulan nya. Sistem pembayaran konvensional sering terjadi kesuliatan orangtua dan wali memantau biaya pembayaran tersebut selain itu pembayaran dengan uang tunai dengan cara seperti ini sering beresiko akan menimbulkan hal hal yang tidak di inginkan seperti terpakainya uang sebelum sempat dibayarkan ke pihak sekolah ataupun terjadi hal hal yang tidak dinginkan sehingga uang tidak sampai ke pihak sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka solusinya yaitu dengan Penerapan Metode Extream Programming Pada Sistem Pembayaran Elektronik SMK Bakti Ibu 3. Extreme Programming (XP) adalah metodologi pengembangan perangkat lunak yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dan tanggap terhadap perubahan kebutuhan pelanggan.} }