@thesis{thesis, author={NOVITASARI NI PUTU DIAN}, title ={HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN DURASI PENGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TK TUNAS MEKAR II DALUNG}, year={2023}, url={http://repository.binausadabali.ac.id/1174/}, abstract={Interaksi sosial merupakan salah satu tugas perkembangan yang rentan mengalami gangguan pada anak usia prasekolah. Kurangnya stimulasi dari keluarga dan penggunaan gadget dapat menjadi faktor pemicu dari masalah interaksi sosial tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan dukungan keluarga dan durasi penggunaan gadget pada anak prasekolah di TK Tunas Mekar II Dalung. Penelitian ini merupakan deskriptif korelasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional, serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling dengan jumlah sampel 61 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode uji Korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar dukungan keluarga kategori cukup sebanyak (59,0%), untuk durasi penggunaan gadget kategori lebih dari 1 jam sebanyak (62,3%), dan interaksi sosial anak dalam kategori cukup sebanyak (52,5%). Hal ini menunjukan terdapat hubungan antara dukungan keluarga dan durasi penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah di TK Tunas Mekar II Dalung dengan nilai p-value = 0,001 (?<0,05). Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi orang tua ikut serta mengawasi anak dalam menggunakan gadget dan tegas memberi batasan waktu dalam menggunakan gadget untuk anak serta memberi dukungan dalam meningkatkan perkembangan interaksi sosial anak.} }