@thesis{thesis, author={Kharisnayanti Ni Kadek Diah}, title ={PENGARUH MEDIA PERMAINAN KLABEN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PRADNYANDARI I}, year={2023}, url={http://repository.binausadabali.ac.id/1221/}, abstract={Perkembangan kognitif anak dapat dikembangan melalui metode bermain. Salah satu metode bermain yang dapat diberikan yaitu permainan klaben (mengklasifikasikan benda). Permainan klaben merupakan kemampuan dalam mengelompokkan sebuah benda berdasarkan ciri masing-masing seperti ukuran, bentuk dan warna. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh media permainan klaben (mengklasifikasikan benda) terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun di TK Pradnyandari I. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Prosedur analisis statistic menggunakan uji Wilcoxon sign rank test dengan tingkat kemaknaan p<0,05 menggunakan program SPSS 16.0. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-6 tahun di TK Pradnyandari I sebanyak 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan setelah diberikan intervensi sebagian besar responden mengalami perkembangan kognitif yang berkembang sangat baik sebanyak 24 responden (63,2%). Dimana nilai p-value= 0,000 yang memiliki arti p<0,05 dengan nilai Z= -4,803. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media permainan klaben (mengklasifikasikan benda) terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun di tk pradnyandari. Permainan klaben diharapkan dapat digunakan sebagai media alternatif dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak.} }