@thesis{thesis, author={Adelina Komang Tri Putri Yuni}, title ={PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP PENGETAHUAN PERAWATAN LUKA RINGAN PADA KADER SISWA SEKOLAH DASAR SIAGA BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI DESA SERANGAN}, year={2023}, url={http://repository.binausadabali.ac.id/1271/}, abstract={Bencana merupakan rangkaian peristiwa yang mengancam serta merusak kehidupan yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam yang menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, dan cedera luka. Luka merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan rusaknya jaringan tubuh. Penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana sangat membutuhkan sumber daya manusia dalam operasional saat terjadi bencana maupun pasca bencana dengan dibentuknya kader siaga bencana. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah penanganan dan perawatan luka, sehingga pemberian materi terkait penanganan dan perawatan luka memegang peranan yang cukup besar dalam meningkatan kapasitas pada peran kader melalui metode role playing untuk meningkatkan pengetahuan tentang perawatan luka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh metode Role Playing Terhadap Pengetahuan Perawatan Luka Ringan Pada Kader Siswa Sekolah Dasar Siaga Gempa dan Tsunami di Desa Serangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan rancangan One group pretestposttest design, populasi pada penelitian ini sejumlah 30 responden dengan penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenis non probability sampling yaitu total sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan naskah role playing dan kuesioner pengetahuan. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji statistik yang menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, diperoleh bahwa nilai p-value = 0,000 yang memiliki arti p<0,05. Sehingga dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Pengetahuan Perawatan Luka Ringan Pada Kader Siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dengan metode role playing ini, kader siswa dapat meningkatkan pengetahuan mengenai perawatan maupun penanganan luka dengan baik.} }