@thesis{thesis, author={Pratiwi Ni Made Asri Dwi}, title ={HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT X DENPASAR}, year={2023}, url={http://repository.binausadabali.ac.id/959/}, abstract={melalui kesehatan setiap individu dapat melaksanakan aktivitas secara produktif. Salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan kesehatan tersebut yaitu dengan adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Namun tingkat kepuasan pengguna BPJS Kesehatan mengalami penurunan. Saat ini masyarakat pengguna BPJS Kesehatan masih mengeluhkan adanya pelayanan yang kurang efektif. Hal tersebut berpengaruh pada kepuasan pasien. Salah satu upaya untuk mengantisipasi keadaan tersebut, yaitu dengan meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit terutama pada rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit X Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Uji statistik yang digunakan adalah Spearman Rank. Jumlah sampel 88 orang dipilih melalui teknik purposive sampling menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner mutu pelayanan dan kuesioner kepuasan pasien yang dianalisis menggunakan uji univariat dan bivariat. Hasil uji statistik univariat diperoleh mutu pelayanan berada pada cukup baik 54 (61,4%) dan kepuasan pasien berada pada cukup puas 67 (76,1%). Uji statistik bivariat diperoleh p value 0,0001 <0,05 maka artinya ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Kelas III RS X Denpasar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar kedepannya pihak pelayanan kesehatan mempertahankan mutu pelayanan keperawatan, sehingga tujuan dari institusi dalam hal kepuasan pasien mampu tercapai.} }