@thesis{thesis, author={Putri Dian Ayu Palapa}, title ={TA : Perencanaan Arsitektur Enterprise dengan Menggunakan TOGAF ADM pada Bagian Kepegawaian}, year={2023}, url={https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6951/}, abstract={Universitas Dinamika merupakan kampus swasta di Surabaya yang memberikan fasilitas serta pengalaman baik dengan penerapan kemajuan teknologi yang terus bergerak dinamis. Dalam menjalankan proses bisnis berdasarkan visi dan misi perusahaan, tepatnya pada unsur administrasi yaitu Bagian Kepegawaian yang berfungsi untuk mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) terdapat beberapa SI/TI yang masih belum saling terintegrasi, serta beberapa proses bisnis yang belum terkomputerisasi menyebabkan Bagian Kepegawaian kesulitan dalam memberikan pelayanan yang efektif. Hal ini terjadi karena kurangnya perencanaan dalam proses pengembangan SI/TI nya sehingga menyebabkan kesenjangan berjalannya proses bisnis dan teknologi informasi. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka solusi yang diberikan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dilakukannya penyelarasan strategi bisnis dengan strategi TI. Untuk terciptanya penyelarasan strategi bisnis dengan strategi TI, maka dibutuhkan suatu perencanaan arsitektur enterprise yang adaptif untuk mendorong peningkatan fungsi bisnis organisasi. Framework Perencanaan Arsitektur Enterprise yang digunakan pada penelitian ini adalah TOGAF ADM. Pemilihan framework TOGAF ADM didasari oleh kebutuhan rencana sistem, karena TOGAF merupakan kerangka kerja yang terinci mengenai bagaimana menciptakan, mengelola, menerapkan enterprise architecture serta sistem informasi. Hasil penelitian ini adalah Dokumen perencanaan arsitektur enterprise menggunakan TOGAF ADM, mulai dari fase preliminary hingga opportunities and solutions. Dokumen perencanaan arsitektur enterprise berisi blueprint Arsitektur Bisnis, Arsitektur Data, Arsitektur Aplikasi, dan Arsitektur Teknologi. Dokumen Perencanaan Arsitektur Enterprise dapat dimanfaatkan sebagai panduan untuk mengembangkan sistem yang terintegrasi oleh PPTI demi terciptanya proses bisnis Bagian Kepegawaian yang berjalan sesuai dan efisien.} }