@thesis{thesis, author={Fadillah Mokhamad Nurul}, title ={TA : Sistem Informasi Penentuan Strategi Penjualan Pelumas Pertamina dengan Menggunakan Game Theory}, year={2009}, url={https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7090/}, abstract={Pertamina adalah salah satu dari sekian banyak produsen yang menghasilkan pelumas. Di Indonesia banyak sekali jenis-jenis pelumas baik itu produk pelumas dari Pertamina maupun produk pelumas dari kompetitor. Gencarnya promosi pelumas yang dilakukan sejumlah produsen lain telah menambah persaingan di masing-masing produk dengan mengutamakan beberapa keunggulan dari masing-masing produk pelumas tersebut. Dengan semakin pesatnya persaingan tersebut telah memaksa para manajer pemasaran untuk melakukan strategi guna bersaing dengan kompetitor serta untuk meningkatkan angka penjualan agar dapat memberikan hasil yang lebih baik. Oleh karena itu pada tugas akhir ini dibuat sebuah sistem informasi penentuan strategi penjualan pelumas dengan menggunakan metode Game Theory yang merupakan suatu metode yang bisa dijadikan alat dalam menganalisis para perilaku bisnis. Game Theory menjelaskan suatu paradoks yang cukup terkenal, yakni bagaimana orang bisa bekerjasama dalam masyarakat apabila masing-masing dari mereka cenderung berusaha untuk menjadi pemenang Berdasarkan hasil uji coba sistem, diketahui bahwa dengan menggunakan Game Theory dapat dilakukan suatu perhitungan yang cepat dan tepat dalam menganalisa hasil penjualan, sehingga dapat membantu kerja dari manajer pemasaran di dalam menentukan strategi apa yang akan dilakukan untuk bersaing dengan kompetitor.} }