@thesis{thesis, author={Shafrida Ekki}, title ={LKP : Penerapan Digital Marketing kepada UMKM AYL}, year={2023}, url={https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7166/}, abstract={Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian integral dunia usaha nasional yang memiliki kedudukan, potensi, dan peranan yang sama penting dan strategis dalam mewujudkan perekonomian nasional yang seimbang berdasarkan demokrasi ekonomi. Kendala-kendala yang dihadapi oleh UMKM tidak lepas dari persoalan dasar yaitu kelemahan internal usahanya sendiri (pelaku usahanya) dan kelemahan eksternal berupa hubungan dengan pelaku-pelaku lain yang terkait dalam usaha tersebut. Salah satunya yaitu UMKM AYL, adalah sebuah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM AYL ini berdiri pada bulan Juni 2020 lalu yang terletak di Jl. Jambangan 7 No. 11, Surabaya. Penjualannya kali ini masih dilakukan secara online, karena UMKM AYL hanya menyediakan Open Pre Order (PO). Penjualannya kali ini masih dilakukan secara online di WhatsApp dan dilakukan dari mulut ke mulut. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka solusi agar UMKM AYL dapat berkembang dengan baik adalah melakukan penerapan strategi marketing online untuk meningkatkan penjualan pada UMKM AYL dengan memanfaatkan media sosial yaitu Instagram, WhatsApp dan GrabFood. Hal tersebut guna menunjang pemasaran pada UMKM AYL untuk dapat mengenalkan produknya, memberikan informasi, menjalankan kegiatan penjualan yang lebih efektif dan efisien, serta menciptakan kesadaran merek agar dapat dikenal masyarakat luas bahkan diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan.} }