@thesis{thesis, author={Akbar Muhammad}, title ={TA : Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Strategi Bundling Produk Menggunakan Algoritma Apriori pada Toko Remaja}, year={2024}, url={https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7604/}, abstract={Toko Remaja merupakan sebuah supermarket modern yang memiliki cabang di Surabaya dan Sidoarjo. Toko Remaja menerapkan strategi bundling untuk mempromosikan produk yang kurang laku dan menarik pelanggan dengan harga murah. Strategi bundling ini dilakukan lebih dari 5 kali setiap bulan untuk seluruh kategori produk. Namun, pemilihan produk bundling masih manual dan pemilihan produk masih berdasarkan produk yang kurang laku. Untuk mengatasi masalah tersebut, dirancang sistem rekomendasi strategi produk bundling menggunakan metode Algoritma Apriori yang efektif dalam menghasilkan informasi asosiasi produk dan memberikan rekomendasi kepada Toko Remaja. Sistem ini menggunakan data transaksi untuk mengidentifikasi pola asosiasi dan tingkat keterkaitan antar produk (confidence). Dengan Algoritma Apriori, sistem memberikan rekomendasi produk berdasarkan frekuensi interaksi antara produk dan pelanggan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall dengan tahapan komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan penerapan. Pengujian blackbox dilakukan untuk memastikan fungsionalitas sistem. Hasil uji coba sistem rekomendasi strategi bundling produk menggunakan algoritma apriori menunjukkan kinerja yang baik. Dalam uji coba ini, sistem menggunakan Algoritma Apriori mampu menghasilkan 4 aturan asosiasi dari 134 transaksi menggunakan nilai minimal support 5% dan confidence 30%. Selain itu, berdasarkan pengujian User Acceptance Testing (UAT), sistem dinyatakan layak dengan persentase UAT sebesar 70%, yang termasuk dalam kategori "Layak" dalam rentang 60-80%. Dengan demikian, tujuan penelitian untuk menghasilkan sistem rekomendasi untuk menentukan produk bundling di Toko Remaja Sidoarjo telah tercapai dengan baik. Sistem ini dapat menjadi referensi bagi Toko Remaja dalam pengambilan keputusan terkait produk bundling berdasarkan pola transaksi belanja pelanggan.} }