@thesis{thesis, author={Herdianto Dipo Tri}, title ={TA : Perancangan UI/UX Website Pemasaran Ikan di Kampung Nelayan Gisik Cemandi Menggunakan Metode User Centered Design}, year={2024}, url={https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7638/}, abstract={Kampung Nelayan Gisik Cemandi merupakan salah satu desa yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan dan penjual ikan, yang berada di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Selama ini, penduduk pesisir banyak menggantungkan hidup dengan mencari ikan di laut dan dari hasil budidaya ikan air payau. Berdasarkan Data Kementrian Kelautan dan Perikanan Sidoarjo jumlah nelayan di Sidoarjo sebanyak 1.008 nelayan tangkap, sebanyak 3.572 nelayan pembudidaya dan petani garam sebanyak 50 orang. Pemasaran ikan dilakukan di Tempat Pelelangan Ikan dengan menyusun ikan di pasar dan menunggu pelanggan datang. Melihat kondisi tersebut permasalahan utama yang dihadapi adalah cakupan wilayah pemasaran ikan yang sangat kecil sehingga masyarakat luar tidak mengetahui hasil dari nelayan Gisik Cemandi. Solusi dari permasalahan pemasaran adalah dengan mengubah sistem pemasaran saat ini yaitu sistem pemasaran tradisional, menjadi sistem pemasaran modern. Melalui website pemasaran ikan yang didalamnya meliputi transaksi penjualan dan pembayaran. Perancangan User Interface dilakukan sebagai tahap awal untuk mengetahui bagaimana alur aplikasi website pemasaran ikan akan berjalan. Perancangan dilakukan menggunakan tahapan metode user centered design dan perhitungan hasil kuisioner prototype dilakukan menggunakan system usabillity scale. Analisis kompetitor dilakukan pada 3 website dengan hasil perhitungan BelanjaIkan 73 kategori good, SayurBox 74 kategori good, Sesa.Id 68 kategori ok. Analisis digunakan untuk menentukan karakteristik aplikasi yang akan dibangun. Hasil dari penelitian ini merupakan sebuah rancangan UI/UX website pemasaran ikan berbasis website dengan rata-rata hasil perhitungan kuisioner adalah 74,32 dari 26 responden degan karakteristik 69,2% perempuan dan laki-laki sebanyak 30,8% dengan ratting good yang artinya hasil perancangan desain UI/UX website pemasaran ikan untuk Kampung Nelayan dapat digunakan untuk memperluas wilayah pemasaran. Hasil dari peracangan UI/UX website akan diserahkan kepada kelompok usaha bersama Sekar Arum.} }