@thesis{thesis, author={Tahun Ayulebri Mangiwa}, title ={Pengaruh Inovasi Produk Perbankan Terhadap Profitabilitas Bank Yang Menerapkan Internet Banking Periode 2014 - 2019}, year={2021}, url={http://repository.ibs.ac.id/4016/}, abstract={Inovasi produk perbankan yang dilakukan sesuai dengan perkembangan zaman dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet merupakan langkah yang ditempuh bank dalam pelayanan transaksi yang efektif dan efisien serta untuk membantu program pemerintah yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk perbankan terhadap profitabilitas bank yang menerapkan layanan internet banking periode 2014-2020. Dari objek penelitian diperoleh 6 sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria penerbitan data yang lengkap terkait variabel yang digunakan yaitu mobile banking, internet banking, jumlah mesin EDC yang didistribusikan perusahaan, jumlah ATM dan jumlah mesin yang digunakan. jumlah kantor cabang yang dimiliki bank. Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini untuk menjelaskan profitabilitas adalah Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah ATM pada jumlah kantor cabang berpengaruh positif signifikan terhadap return on asset tetapi tidak berpengaruh terhadap return on equity. Kemudian, mobile banking berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return on equity tetapi tidak berpengaruh terhadap return on asset. Kata Kunci: Profitabilitas, Mobile Banking, Internet Banking, Mesin EDC, ATM, Less cash society} }