@thesis{thesis, author={Manalu Marvel Parulian}, title ={Faktor Pembentuk Credibility Dan Para Social Interaction, Serta Implikasinya Terhadap E-WOM Intention Dan Purchase Intention: Penelitian Pada Youtube Channel Gadgetin}, year={2022}, url={http://repository.ibs.ac.id/4607/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang membentuk kredibilitas dan interaksi parasosial terhadap e-WOM Intention dan niat beli di media sosial. Teknik purposive sampling dipilih sebagai teknik pengambilan sampel dalam penelitian dan melibatkan 100 responden yang merupakan penonton saluran Youtube Gadgetin serta berdomisili di Jabodetabek. Structural Equation Modeling dengan pendeketan Partial Least Square digunakan dalam mengolah data pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi Daya Tarik Fisik, Daya Tarik Sosial, Sikap Homofili, Interaksi Parasosial terbukti sebagai faktor terbentuknya niat dalam keputusan pembelian dari ulasan seseorang. Tetapi Kredibilitas dengan e-WOM Intention tidak terbukti memiliki pengaruh signifikan pada niat keputusan pembelian terhadap ulasan di media sosial. Penelitian ini memberikan pedoman implikasi kepada pihak-pihak terkait, salah satunya untuk sebuah brand suatu barang elektronik untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan produknya untuk kebutuhan dan membangun hubungan baik dengan youtuber untuk membangun engagement lebih agar mendorong terciptanya niat beli dan electronic word of mouth yang positif. Kata Kunci : persepsi daya tarik fisik; daya tarik sosial; sikap homofili; interaksi parasosial; kredibilitas; electronic word of mouth; niat beli} }