@thesis{thesis, author={PUSPITA ANDIK IKA}, title ={PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) PADA SISWA KELAS X-IIA1 MATERI PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/120/}, abstract={Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi pembelajaran trigonometri melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X-IIA1 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan soal pre tes dan pos tes untuk mengumpulkan data prestasi belajar aspek pengetahuan. Sedangkan teknik observasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar aspek keterampilan, aspek sikap spiritual dan aspek sikap sosial. Teknik observasi juga digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas belajar siswa. Melalui siklus I dan siklus II di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan (plan), tindakan (do), pengamatan (observe) dan refleksi (reflection) didapatkan hasil penelitian: 1) untuk aspek pengetahuan prosentase ketuntasan belajar siswa kelas X-IIA1 naik dari 81% dari 31 siswa menjadi 100% dari 31 siswa, 2) untuk aspek keterampilan prosentase ketuntasan belajar siswa kelas X-IIA1 naik dari 52% dari 31 siswa menjadi 90% dari 31 siswa, 3) untuk aspek sikap spiritual prosentase ketuntasan belajar siswa kelas X-IIA1 stabil dengan prosentase maksimal yaitu 100% dari 31 siswa, dan 4) untuk aspek sikap sosial prosentase ketuntasan belajar siswa kelas X-IIA1 naik dari 77% dari 31 siswa menjadi 100% dari 31 siswa. Adapun untuk aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, untuk kriteria aktivitas belajar ?Cukup Tinggi? mengalami penurunan dari 32% dari 31 siswa menjadi 13% dari 31 siswa, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan untuk kriteria aktivitas belajar ?Tinggi? dari 67% dari 31 siswa menjadi 87% dari 31 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada siswa kelas X-IIA1 materi pembelajaran trigonometri tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, dan 2) Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada siswa kelas X-IIA1 materi pembelajaran trigonometri tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.} }