@thesis{thesis, author={MARLIANA JELITA}, title ={EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP TARUNA KEDUNGADEM TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/128/}, abstract={ABSTRAK Marliana, J. 2019. Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Penyajian Data Siswa Kelas VII Semester II SMP Taruna Kedungadem Tahun Pelajaran 2018/2019.. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ahmad Kholiqul amin, M.Pd., (II) Anis Umi K, M.Pd. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran saintifik dan Prestasi belajar matematika Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran saintifik lebih efektif dari pada pendekatan pembelajaran langsung dalam menghasilkan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Taruna Kedungadem tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII A berjumlah 17 siswa dan Kelas VII B berjumlah 17 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan Sebagian kelas VII B sebagai Kelas eksperimen, yang di ambil secara simple random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen dan tes. Tahap awal dalam penelitian ini data yang dianalisis adalah hasil ulangan tengah semester genap tahun pelajaran 2018/2019 siswa mata pelajaran matematika. Langkah pada analisis data awal yaitu Analisis hasil uji coba instrument penelitian yaitu validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Setelah itu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Berdasarkan uji tersebut , kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal, homogen dan seimbang. Tes yang digunakan adalah tes urainan (essy). Kedua sampel berikut diberi perlakuan yang berbeda, kemudian dilaksanakan tes akhir. Data nilai tes prestasi belajar selanjutnya dilakukan analisis yang meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis penelitian. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji tersebut, kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji t dengan tingkat signifikan 5%, dan diperoleh harga thitung yang didapatkan pada perhitungan adalah sebesar 2,363. Harga ttabel dengan DK = 30, maka didapatkan dengan rumus TINV(0.05,30) adalah sebesar 2,042. Didapatkan hasil bahwa harga thitung lebih besar dari pada ttabel (2,363 > 2,042), dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan, pendekatan pembelajaran saintifik lebih efektif dari pada pendekatan pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar matematika pada materi penyajian data siswa kelas VII semester genap SMP Taruna Kedungadem tahun pelajaran 2018/2019.} }