@thesis{thesis, author={HASTOETI HERNI POEDJI}, title ={PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 2 JIKEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/173/}, abstract={ABSTRAK Poedji Hastoeti, Herni. 2019. Peningkatan Kreativitas dan Kemampuan Menulis Puisi Bebas melalui Model Pembelajaran sugestopedia pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jiken Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ibu Nur Alfin Hidayati, M.Pd. (II) Ibu Sutrimah, M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas, Kemampuan Menulis, Puisi Bebas, dan Model pembelajaran sugestopedia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis puisi bebas pada pelajaran bahasa indonesia melalui model pembelajaran sugestopedia pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jiken tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jiken yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes yaitu uji tes kemampuan menulis puisi bebas dan nontes seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data tes menggunakan kuantitatif deskriptif yaitu membandingkan nilai dari prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 dan data nontes dianalisis secara kualitatif deskriptif. Indikator keberhasilan ini ditandai dengan siswa bisa mendapatkan nilai diatas KKM yaitu ?75, pada prasiklus siswa yang mendapat nilai baik ada 2 siswa atau 8 % masuk kategori baik. 10 siswa atau 40 % mendapat nilai 60-70 masuk kategori cukup, 11 siswa atau 44 % mendapat nilai ? 64 masuk apad aktegori kurang dan 2 siswa atau 8 % kategori gagal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sugestopedia dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis puisi bebas pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan perubahan perilaku negatif ke arah positif yang diperoleh selama penulis melakukan observasi. Peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus semula 59,04 atau mencapai ketuntasan 8 % dapat meningkat di siklus 1 setelah dilakukan tindakan melalui model pembelajaran sugestopedia menjadi 74. Atau mencapai ketuntasan sebesar 52 %. Kemudian di siklus 2 meningkat lagi menjadi 80,16 atau mencapai ketuntasan 92 %.} }