@thesis{thesis, author={OKTAVIA JETY}, title ={EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA}, year={2023}, url={http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/2382/}, abstract={Jety, Oktavia. 2023. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Anis Umi K, S.Pd., M.Pd., (II) Rika Pristian F. A, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Problem Solving, Gaya Belajar Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Problem Solving efektif terhadap hasil belajar matematika jika ditinjau dari gaya belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar matematika jika ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Plus Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Plus Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian data hasil belajar matematika dengan uji Paired Sample T-Test menyatakan nilai adalah -9,726. Nilai tersebut bermakna negatif, karena nilai rata-rata pretest lebih rendah dari nilai rata-rata posttest. Dalam hal ini maka nilai dapat bermakna positif sehingga menjadi 9,726. Sedangkan untuk nilai dengan dan derajat kebebasan ( ) dengan jumlah responden 24 siswa adalah 1,714. Maka dapat dilihat maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan secara signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving cukup efektif dilaksanakan dalam proses belajar mengajar siswa kelas VIII A MTs Plus Sunan Drajat Kedungsantren pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok.} }