@thesis{thesis, author={HARTATI INDAH}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 1 KASIMAN PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/534/}, abstract={Abstrak Hartati, Indah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP N 1 Kasiman Pada Pokok Bahasan Segiempat Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program StudiPendidikanMatematika, FakultasMatematika Dan IlmuPengetahuanAlam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I)Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd(II) Anis Umi K., M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis Model pembelajaran reciprocal teaching merupakan konsep belajar yang dapat meningkatkan antusisas siswa dalam pembelajaran karena siswa dituntut untuk aktif berdiskusi dan menjelaskan hasil pekerjaannya dengan baik sehingga penguasaan konsep suatu pokok bahasan matematika dapat dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP N 1 Kasiman pada pokok bahasan segiempat tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 1 Kasiman.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling.Dari 8 kelas terambil secara acak 2 kelas sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dari 30 siswa kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VII-F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 soal tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian yang sudah di uji validitas, dengan reliabilitas 0,81 merupakan reliabilitas sangat tinggi. Berdasarkan perhitungan uji prasarat diperoleh data yang normal untuk kelas kontrol dan eksperimen, dari uji homogenitas} }