@thesis{thesis, author={FAIZA NAFA NUR}, title ={PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DAN XI JURUSAN IPS SMA PLUS AL-AMANAH BALONGSUMBER DANDER BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/567/}, abstract={ABSTRAK Nur Faiza, Nafa. 2019.Pengaruh Interaksi Edukatif Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Dan XI Jurusan Ips SMA Plus Al-Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ayis Crusma Fardani, S.Pd., M.Pd., (II) Rika Pristian Fitri Astuti, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Interaksi Edukatif, Ketrampilan Mengajar Guru, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Interaksi Edukatif Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional (Corelantion Explanatife). Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMA Plus Al- Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro yang terdiri dari 2 kelas X IPS dengan jumlah 45 siswa, dan 2 kelas XI IPS dengan jumlah 39 siswa . Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabiltas menggunakan rumus Cronbach?s Coefficient. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan interaksi edukatif terhadap hasil belajar dengan t hitung sebesar 9,210 dan signifikansi sebesar 0,000; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan ketrampilan mengajar guru terhadap hasil belajar dengan thitung sebesar 7,067 dan signifikansi sebesar 0,000; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan interaksi edukatif dan ketrampilan mengajar guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan F hitung sebesar 82,976 dan signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka interaksi edukatif dan keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X dan XI Jurusan IPS SMA Plus Al-Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro.} }