@thesis{thesis, author={ROCHMAWATI ITA}, title ={ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII MTs ISLAMIYAH BANAT}, year={2019}, url={http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/636/}, abstract={ABSTRAK Rochmawati, Ita. 2019. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Segi Empat Dan Segitiga Siswa Kelas VII MTs Islamiyah Banat. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ahmad Kholiqul Amin,M.Pd., (II) Anis Umi K,M.Pd. Kata Kunci: nanalisis, kesulitan belajar, segi empat dan segitiga Tujuan penelitian terhadap adalah untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan pada siswa saat mengerjakan soal matematika pada pokok bahasan segi empat dan segitiga. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Banat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) pada materi Segi Empat dan Segitiga. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan memilih 10 anak yang nilainya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum(KKM). Validasi instrumen soal pemecahan masalah oleh guru mata pelajaran matematika. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan instrumen lain sebagai instrumen pendukung. Instrumen pendukung berupa soal tes pemecahan masalah, panduan wawancara. Hasil penelitan adalah: (1) Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi segi empat dan segitiga. (2) Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep segi empat dan segitiga. (3) Siswa kurang memahami soal. (4) Siswa masih kesulitan dalam menentukan langkah-langkah dan strategi yang akan dia gunakan untuk memecahkan masalah.} }