@thesis{thesis, author={Rahmat Saputra Jaya Mendrofa }, title ={Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VI di SDN Sukaresmi 06 Tahun 2019}, year={2020}, url={}, abstract={Latar Belakang : Motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku. Artinya perilaku yang memiliki motivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah, dan bertahan lama. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada tanggal 18-20 Mei 2019 di SDN Sukaresmi 06, Cikarang Selatan, yang dilakukan kepada 12 siswa di dapatkan hasil dari wawancara bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terdapat sebanyak 7 orang siswa sedangkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi terdapat sebanyak 5 orang siswa. Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar pada siswa kelas VI di SDN Sukaresmi 06 tahun 2019. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan analitik kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sample sebanyak 70 siswa dilaksanakan di SDN Sukaresmi 06. Instrumen dalam penelitian menggunakan kuesioner, dianalisa dengan Chi-Square. Hasil : Hasil penelitian sebagian besar menunjukan siswa motivasi rendah sebanyak (52.9%), siswa dengan motivasi tinggi ada sebanyak (47,1%). pengaruh dukungan keluarga rata-rata sebanyak (50%), pengaruh teman sebaya tidak ada pengaruh sebanyak (54.3%), pengaruh teknologi rata-rata sebanyak (50%), dan pengaruh dari karakteristik responden (jenis kelamin) rata-rata sebanyak (50%). Hasil analisa ada hubungan motivasi belajar dengan dukungan keluarga, ada hubungan motivasi belajar dengan pengaruh teknologi dan ada hubungan motivasi belajar dengan pengaruh teman sebaya. Saran : Diharapkan agar siswa mampu dapat meningkatkan motivasi belajarnya untuk prestasi belajar masa depan dan diharapkan agar dari berbagai faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa baik dari dukungan keluarga, pengaruh teman sebaya dan pengaruh teknologi mampu menjadi acuan siswa dalam menerapkan dan meningkatkan motivasi belajar.} }